Kebaya Encim Modern


Kebaya Encim Modern
Kebaya Encim Modern, Seiring perkembangan jaman dan iklim yang ada di Indonesia, kebaya encim banyak mengalami perubahan, dari segi corak, warna dan ketebalan bahan. Kalau di Cina, Kebaya encim cenderung berwarna gelap. Setelah mengalami akulturisasi dengan tempat yang di tinggali masyarakat Cina, warna kebaya encim menjadi lebih cerah seperti warna putih. Di Cina Warna putih adalah warna yang tidak baik, warna untuk berkabung, sementara di Indonesia, warna putih adalah warna baik. Dan tentu saja karena di Indonesia memiliki iklim yang panas, sehingga warna putih lebih cocok daripada warna gelap

Kebaya Encim Modern atau Kebaya Nyonya sebenarnya berasal dari China, Penyebaran masyarakat cina ke Asia tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Negara lainnya, Mereka serta merta membawa adat dan kebiasaan mereka, dan tentu saja cara berpakaian. Kebaya Encim biasa di pakaian oleh ibu-ibu etnis china, mereka biasanya di panggil dengan nyonya, maka kebaya encim biasa juga di panggil dengan kebaya nyonya. Kebaya Encim tiba di nusantara dan tentu saja di bawa etnis china pada abab 15 masehi.

Proses Perkembangan Kebaya Encim Modern

Di Jakarta, khususnya masyarakat Betawi, kebaya encim modern sangat mempengaruhi busana betawi itu terlihat dari busana yang di kenakan oleh masyarakat betawi. Masyarakt Betawi dan etnis Cina memang sudah ratusan tahun hidup berdampingan, sehingga akulturisasi busana dan kebiasaan banyak terjadi, Seperti Kebaya Bordir kebaya yang modern. Para perancang busana kebaya jaman sekarang, salah satunya adalah Ivan Gunawan, kreasi beliau dalam membuat kebaya, sangat di gemari, Ivan memiliki toko sebagai showroom untuk memamerkan rancangan-rancangannya.

Kebaya modern yang tersebar di Indonesia adalah kebaya Kartini, Kebaya encim, kebaya Bali, kebaya Kutubaru, kebaya Jawa. Setiap kebaya memiliki karakteristik berbeda-beda. Tetapi siering perkembangan dunia fashion dan tentu saja kebaya. kebaya banyak mengalami perubahan. Para perancang busana atau designer memadukan potongan kebaya dengan hasil kreatifitas masing-masing, Sehingga untuk orang awam, akan sangat sulit membedakan mana kebaya kartini, kebaya bali, kebaya kutubaru atau yang mana kebaya encim.

Kalau jaman dahulu, busana kebaya di pakai wanita dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan jaman sekarang, digunakan hanya dalam waktu tertentu saja, seperi acara resmi, pesta, ke gereja bagi umat kristen. Hal ini dapat di maklumi karena mengenakan kebaya memang sangat ribet, pergerakan badan sangat terbatas. Kebaya Encim Modern.

Tidak ada komentar: