Sumber Vitamin B12

Mamfaat Vitamin B12
Sumber Vitamin B12, Vitamin B12 salah satu vitamin yang sangat di butuhkan oleh tubuh, sehingga asupan gizi yang mengandung vitamin B12 harus di perhatikan untuk menjaga kesehatan, Sumber vitamin B12 adalah daging, susu, telor, dan lain-lain, untuk anak yang sedang mengalami pertumbuhan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 adalah keharusan.

Mamfaat Vitamin B12, vitamin B12 berada pada darah kita, kesehatan kita sangat tergantung dengan darah, karena darahlah yang mengantarkan vitamin, oksigen ke seluruh tubuh. Mungkin anda sudah pernah denger, orang yang mudah capek dan lelah kemungkinan kurang darah, dalam hal ini kemungkinan kurang Vitamin B12. Sebagian dari kita mungkin pernah merasakan test kesehatan pada waktu melamar kerja, pada test tersebut kita diminta untuk tidak makan selama 10-12 jam atau semalaman, Para Ahli kesehatan bertujuan untuk memeriksa darah kita. Dengan hanya memeriksa darah saja, sangat banyak penyakit yang bisa terdekteksi dan tentu saja para pengguna obat terlarang, pasti terdeteksi.

Test diperlukan untuk mengukur jumlah vitamin B12 dalam darah. Tubuh membutuhkan vitamin B untuk membuat sel-sel darah dan menjaga kesehatan sistem saraf.

Vitamin B12 ditemukan dalam produk hewan seperti daging, kerang, susu, keju, dan telur. Kebanyakan orang yang makan produk hewani tidak mungkin untuk terjangkit anemia defisiensi vitamin B12 kecuali tubuh mereka tidak dapat menyerapnya dari makanan. Vegetarian (vegan) yang tidak makan produk hewani dan bayi dari ibu yang vegetarian ketat sangat bererisiko untuk terjangkit anemia dan harus mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B12. Vitamin B12 disimpan dalam hati selama satu tahun atau lebih, yang mengurangi risiko seseorang anemia.

Vitamin B12 biasanya diukur pada saat yang sama sebagai tes asam folat, karena kurangnya salah satu dapat menyebabkan bentuk anemia disebut anemia megaloblastik. Kekurangan vitamin B12 juga mempengaruhi sistem saraf.

Sebuah Tes vitamin B12 digunakan untuk:
  • Memeriksa anemia defisiensi vitamin B12. Ada beberapa faktor risiko untuk anemia ini, seperti mereka yang memiliki perut atau operasi usus, masalah usus kecil, atau orang-orang dengan riwayat keluarga anemia ini.
  • Mendiagnosa penyebab beberapa jenis anemia, seperti anemia megaloblastik.
  • Membantu menemukan penyebab demensia atau gejala sistem saraf lainnya, seperti kesemutan atau mati rasa pada lengan atau kaki (neuropati perifer)
Cara Mempersiapkan
Jangan makan atau minum (selain air) selama 10 sampai 12 jam sebelum tes.

Para Ahli Kehetan Melakukan test darah dengan cara:
  • Ikatkan karet gelang di lengan atas Anda untuk menghentikan aliran darah. Hal ini membuat pembuluh darah di bawah band yang lebih besar sehingga lebih mudah untuk menempatkan jarum ke pembuluh darah.
  • Bersihkan situs jarum dengan alkohol.
  • Masukan jarum ke pembuluh darah. Lebih dari satu jarum suntik mungkin diperlukan.
  • Pasang tabung untuk jarum untuk mengisi dengan darah.
  • Hapus band dari lengan Anda ketika darah cukup dikumpulkan.
  • Letakkan pad atau bola kapas kasa atas situs jarum sebagai jarum dicabut.
  • Memberikan tekanan ke situs dan kemudian perban.
Bagaimana Rasanya
Sampel darah diambil dari pembuluh darah di lengan Anda. Karet gelang melilit lengan atas Anda. Ini mungkin terasa kencang.

Risiko
Ada kesempatan yang sangat kecil masalah dari memiliki sampel darah yang diambil dari vena.
  • Anda mungkin mendapatkan memar kecil di situs. Anda dapat menurunkan kemungkinan memar dengan menjaga tekanan di situs selama beberapa menit.
  • Dalam kasus yang jarang terjadi, pembuluh darah dapat menjadi bengkak setelah sampel darah diambil. Masalah ini disebut flebitis. Sebuah kompres hangat dapat digunakan beberapa kali sehari untuk mengobati ini.
  • Perdarahan yang sedang berlangsung dapat menjadi masalah bagi orang-orang dengan gangguan perdarahan. Aspirin, warfarin (Coumadin), dan obat-obatan pengencer darah lainnya dapat membuat pendarahan lebih mungkin. Jika Anda memiliki masalah perdarahan atau pembekuan, atau jika Anda mengambil pengencer darah obat, beritahu dokter Anda sebelum sampel darah diambil.

Tidak ada komentar: